Pages

Selasa, 18 Desember 2012

Baru Tau...“Bulan Menanam Pohon” (Bercermin dari Jepang)


Tema Postingan kali Ini adalah berhubungan dengan menanam. Tenang, ini gak ada hubungannya dengan nanam bulu ketek kok,,, #loh???...

Saya baru tau loh kalo bulan Desember itu adalah bulan menanam pohon. Sebelumnya yang saya tau bulan desember itu adalah bulan ke 12 yang berarti penghujung tahun akan tiba, bulan kelahiran saya, bulan dimana umat kristiani merayakan hari Natal, bulan kelahiran Onew sama Minho, Bulan yang di dalamnya ada tanggal yang memeperingati hari ibu...yah, kira-kira seperti itulah pengetahuan saya tentang bulan desember...

Saya sebenarnya setuju-setuju saja dengan ditetapkannya bulan Desember sebagai "Bulan Menanam Pohon" tapi, seolah-olah terselip bahwa menanam pohon hanya akan dilakukan pada bulan Desember. Sama halnya kayak peringatan hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember, serentak acara gosip di TV rame2 nyiarin selebriti yang lagi ngerayain hari ibu dengan membelikan ibunya hadiah bunga de.el.el. Menetapkan tanggal tertentu untuk sebuah peristiwa memang sangat penting agar mudah di ingat tapi, bukan berarti hanya di hari itu saja kita dapat melakukannya.
Bumi yang semakin panas, membuat musim berubah-ubah dan menjadi tak menentu membuat kita berpikir untuk segera melakukan sebuah gerakan untuk menyelamatkan Bumi dari Global Warming. Ini dibuktikan dengan banyaknya program penghijauan ataupun menanam pohon yang selalu diadakan oleh pemerintah maupun pemerhati lingkungan. Sebenarnya, saya belum pernah terlibat langsung dalam sebuah program penghijauan atau apapun yang berbau tanam pohon. Seingat saya terakhir kali menanam pohon pas kelas 2 SMA. Karena saya SD sampe SMA tinggal di pedesaan jadi masih belum terlalu merasa yang namanya efek dari global warming. Paling saya ngikut ayah ke kebun, nanam pohon Cacao, cengkeh sama pohon rambutan...hehehe. Di desaku belum ada hutan yang gundul akibat penebangan liar, malahan masih banyak area yang belum memilki pemilik. Saya baru ingat pas KKN, ada program penanaman pohon. Di setiap desa mendapat jatah bibit pohon untuk di tanam. Saya lupa apa nama bibit pohonnya. Tapi, saya gak ikut nanam jadi fotonya gak ada, yang pergi tanam bibit pohonnya itu teman-teman cowok jadi foto-foto tanam pohon itu kebanyakn teman cowok.

Tempat saya berkuliah lumayan banyak pohonnya, katanya sih hutan di tengah kota. Abis makassar, sumpah! Panas banget,,it’s HOT!!...Di fakultas saya ada pohon yang setiap 3 bulan sekali selalu berbunga, bunganya warnanya oranye kemerahan. Walaupun saya gak terlalu suka sama warna oranye dan warna merah tapi saya suka sama pohon itu, dan hanya ada 4 pohon di fakultas saya. Saya menamakannya pohon sakura versi...tempat kuliah saya.


Kalo dah berbunga jadi cantik banget diliat… 

Ni bunganya...

Tapi sayang, karena untuk renovasi gedung, satu pohon sudah ditebang, saya sangat menyayangkan pohon itu di tebang karena, pohon yang ditebang adalah yang paling rajin berbunga dan kalau semua kuncup bunganya merekah dari kejauhan pohon itu terlihat berwarna merah. Yang paling sebel adalah setelah pohonnya ditebang dan renovasi gedungnya selesai, gedung tersebut tidak dapat digunakan oleh mahasiswa kecuali telah mendapat izin terlebih dahulu, dan masalahnya adalah ketika ingin memakai gedung tersebut untuk sebuah kegiatan, kami harus membayar untuk itu, padahal kan gedung itu dibangun dengan dana dari pembayaran SPP mahasiswa kenapa untuk menggunakannya harus membayar? Ckckck...

Banyak hal yang dengan berbagai alasan telah mengorbankan apa yang seharusnya dijaga. Padahal seharusnya masih ada cara lain untuk tidak menebang tapi renovasi gedung tetap berjalan. Saya jadi teringat cerita salah seorang sensei saya, pernah di Jepang ketika sedang membuat jalan (entah jalan atau trotoar saya agak lupa), di area pembuatan itu ada sebatang pohon yang menghalangi. Kalau kebanyakan orang berpikir ditebang saja pohon tersebut, tapi mereka berpikiran berbeda. Yang tadinya mereka mau mebuat jalan itu lurus tapi karena ada pohon, mereka membuatnya sedikit berbelok untuk menghindari pohon tersebut. Itu merupakan hal sepele tapi mereka menyadari bahwa hal yang sepele tapi dapat bermanfat besar. Mereka menyadari bahwa lahan mereka sangat sempit, Jepang tidak memilki lahan hutan yang luas seperti di Indonesia oleh karena itu, mereka berusaha dengan sebaik-baiknya memanfaatkan lahan yang ada dan menjaganya dari kerusakan.

Indonesia pun harus bisa seperti itu. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keseimbangan alam. Berusaha melakukan yang terbaik, menjaga kelestarian alam, menjaga dan memelihara meskipun itu adalah hal terkecil yang ada dalam kehidupan. Ayo menanam!!!..

18 komentar:

  1. sensei, klo bahasa jepangnya menanam pohon apa? jawabnya pke bahasa Jepang yuaa hehe....
    Senesei bahasa jepangnya menebang pohon apa yua?
    sensei... gak jadi dech hehe...
    salam kampanye ngeblog BSO ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya gak cocok di panggil sensei...ki o ueru (menanam pohon)
      salam kampanye :)

      Hapus
  2. ah sayang ditebang.....

    btw selamat hari ibu ya :D

    BalasHapus
  3. Ayo menanam pohon...
    bunganya keren, agag mirip dngan bunga sepatu yak :D

    BalasHapus
  4. Selamat Ulang Tahun, selamat hari ibu, selamat menanam pohon di bulan menanam nasional.

    Nggak tau ini ngucapinnya ada yang keduluan atau malah telat. Tapi gak apa, yang penting mari kita sama-sama lestarikan alam nan indah Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ucapannya,,,heehheh
      sy ultahnya tgl 5 kemaren... :)
      semangat!

      Hapus
  5. wkwk lucu banget pohonnyaaa XD
    kasian pohonnya ditebang :'( pohon sekolahan aku juga ada yang ditebang gara gara mati.
    yeay ayo semangat sebarkan semangat lingkungan !! ^^9

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, kalo mati,,gak papa klo ditebang..yg apa-apa itu klo phonnya hidup trus ditebang dgn alasan yg bikin sebel.

      Hapus
  6. wah... pohon seperti itu juga banyak ditempat gua (di Tuban)... kalo lagi berbunga warnanya merahhhhhhh isinya bunga aja, alias tanpa daun... kalo enggak salah namanya pohon... *lupa* tapi pernah gua katain pohon sakura jawa hehehe *ngawur*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata ide kita sm dgn menamakn pohon tu dgn ad embel2 sakuranya...hehhehe
      abis klo berbunga pohonnya cantik banget..hampir gak keliatan daun.

      Hapus
  7. waaaahh selamat ulang tahun yaaa ami :) kan desember bulan kelahiran ami.. berkah selalu di umur sekarang yaa, aamiin :)
    best wishes for u :*
    keep posting juga ami :) like this..

    BalasHapus
  8. iya mi, nanem pohon jangan cuma di bulan Desember

    berarti tu Makassar masih butuh ditanemin pohon, biar tambah adem :D


    baarakallaahu fii 'umrik
    salam solid!!

    BalasHapus
  9. Salam Kampanye Blog ya...

    AYo menanam Pohon dan kemudian merawatnya

    BalasHapus

Tinggalkan Jejak Anehmu.
Silahkan berkomentar ^_^.
ありがとう、Terima Kasih