Pages

Senin, 10 Desember 2012

Mother (Rainbow colours is always in my mind and my heart)


“Amiiiiii!!!!… pulang mandi ! so sore ini kanapa bulum mandi?...capat mandi, so mo magrib, sabantar so te riki sambayang magrib!”.

Versi bahasa Indonesia yang baik dan benar:
“Amiiiiii!!!...pulang mandi! Hari sudah sore kenapa belum mandi?...cepat mandi, sebentar lagi magrib, nanti tidak sempat Sholat magrib karena terlambat!”

Yah, itulah kalimat yang paling saya ingat yang sering dilontarkan oleh ibu saya waktu saya masih SD. Kebiasaan saya yang malas mandi kalau tak disuruh melahirkan kebiasaan baru bagi ibu saya yaitu kebiasaan setiap sore teriak manggil saya supaya mandi.hehehhe…

Saya anak desa, yah…taulah kebiasaan anak desa kalo main? Pulang sekolah, ganti baju langsung pergi main. Karena desanya kecil jadinya kita main dari batas desa sampai batas desa, kalo istilah di desaku sih ujung pukul ujung. Pokoknya kami dah kayak satpam yang lagi ronda malam keliling desa. Walaupun mainnya dari ujung ke ujung dan berpindah-pindah, lokasi terakhir tempat kami main pasti di lapangan sekolah SD yaitu tepatnya depan rumah saya.hehehhe…. Setiap hari pasti rutenya selalu seperti itu. Nah, karena rute akhirnya di depan rumah saya, teman-teman saya sampai hapal nada suara ibu saya kalo manggil saya mandi sore. Kalo saya dah dipanggil mandi bukan cuma saya yang diomeli, teman-teman saya pun akan  kena omelan.heheh

“Amiiiii!... pulang!...nga so te mau  pulang itu, nga so tinggal di kuala, dari tadi kamu pe ba cuci sapatu yang cuma dua pasang tapi de pe lama so kayak ba cuci pakaian satu gunung…”

Versi bahasa Indonesia yang baik dan benar:
“Amiiii!...pulang!.. kau sudah tidak mau pulang? mau tinggal di sungai? mencuci sepatu yang hanya dua pasang tapi lamanya seperti mencuci pakaian segunung…”

Nah, kalo ini kalimat panggilan yang sering saya dengar kalau hari sabtu sore. Waktu SD, saya sudah dibiasakan untuk mencuci sendiri sepatu sekolah dan kaos kaki sendiri. Saya bukannya mengeluh tapi malah senang, kan bisa sekalian main dan mandi di sungai sepuasnya. Hehehe ^__^

Kelas 5 SD rutinitas saya dan rutinitas ibu saya masih sama tapi mulai berkurang hanya saja ada satu kegiatan yang bertambah, saya belajar masak nasi. Omelan ibu saya bertambah karena saya masak nasi sering angus…hehehe…

SMP dan SMA omelan-omelan masakan hangus dan malas mandi sudah tak pernah terdengar lagi. Biasanya terdengar tapi bukan kepada saya tapi pada adek saya (gantian)..hahahah…

SMP dan SMA ibu saya punya kebiasaan yang bikin saya kesal. Kegiatan itu dimulai jam 2 siang dan berlangsung selama setengah jam. Kegiatannya adalah nyabutin uban.heheheh…pokonya kalo dah selesai makan siang, tunggu aja saya pasti dipanggil untuk nabutin rambut putih. Alasan ibu saya sih, karena gatal jadi minta dicabutin ubannya. Lokasi gatal-gatalnya selalu berpindah-pindah dan itu memungkinkan saya untuk nyabut uban setiap hari. Pernah karena kesal, saya nyabutin uban di satu area dan membuat area tersebut agak gundul. Abis kesal di area itu gatalnya gak pernah berhenti. Kalo diingat saya jadi merasa berdosa dan merasa bersalah sama ibu saya. 
 Ibu saya adalah orang yang tegas, sekalipun sangat cerewet. Tidak terlalu pandai mengekspresikan perasaannya pada anak-anaknya, tapi sebagai anaknya kami tau apa yang beliau rasakan. Sering mengomel karena kesalahan yang saya dan adik saya lakukan. Kalau sudah mengomel, waduh…. Saking karena sering ngomel ayah saya punya lelucon tentang ibu saya. kalo dengar ibu saya keseringan ngomel ayah saya akan berkelakar “Ami, dengar! pembaca berita dari radio BBC London lagi siaran”. Hehehehe…

Karena saya lima bersaudara, ibu membuat jadwal tugas di rumah. Apa bagian yang harus kau kerjakan. Awalnya memang sering membelot dari tugas, tapi perlahan kami mulai terbiasa dengan tanggung jawab yang diberikan. 

Setelah lulus SMA saya harus melanjutkan kuliah di luar daerah dan itu mengharuskan saya berpisah dari ibu. Saya masih ingat wajah ibu saya ketika mengantar saya ke pelabuhan dan saat kapal akan berangkat. Wajah beliau saat itu tenang walaupun saya tau beliau pasti sangat sedih. Itu tergambar dengan jelas dari sinar dan sorot matanya. Maklumlah saya anak pertama dan itu adalah pertama kalinya saya jauh dari orang tua untuk waktu yang sangat lama. Berpisah dari ibu, pekerjaan nyabutin uban digantikan oleh adik saya..hehehe

Hidup jauh dari ibu seperti ada sesuatu yang hilang. Kesibukan dengan tugas yang sangat banyak membuat saya merindukan saat-saat di rumah, merindukan suasana rumah, rindu mendengar omelan ibu, bahkan merindukan suasana yang menurut saya saat itu adalah suasana yang menjengkelkan. Saya merindukan semuanya.

Ibu, Ummi, お母さん, 엄마, Mama, Mother, Mom
Merangkai kata untuk menjabarkan kasih sayang dan pengorbanan seorang ibu tidak akan ada habisnya. Selalu mengharapkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Sosok  wanita luar biasa, tegar, penuh kasih sayang, itu semua tergambarkan pada sosok seorang ibu. Ibu itu seperti pelangi, warna cerahnya akan terus ada dalam pikiran dan hati. Kasih sayangnya, kemarahannya, omelannya, nasihatnya, senyumannya, belaiannya, itu semua adalah warna warninya. SHE IS MY ETERNAL RAINBOW ^_^

Saya sudah pernah membahas sedikit tentang ayah yang mau baca silahkan klik di sini ^_^

34 komentar:

  1. iya..aku rindu ibu ku setiap detik meski dia sentiasa aku jumpa

    BalasHapus
  2. berarti gue juga anak desa, sama kayak lo tiap pulang sekolah langsung ganti baju terus main sama temen-temen sampai senja baru pulang. Sering gue diledikin sama orang rumah, "lo kerja ya?"

    kangen juga sih sama momen-momen kayak gitu sama ibu yang mungkin ga bakalan terulang lagi, salah satunya pas habis mandi trus disisirin. Simple tapi sukar dilupa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha,,ternyata kita masih sempat mengalami masa2 bahagia waktu kecil..klo anak2 jaman sekarang mah, lebih sering maen di dalam rumah..kecanduan game elektronik...

      Hapus
  3. Hampir sama sih kebiasaan lo sama gue, tapi gue jarang nyuruh cabut uban, soalnya warna rambut nyokap semuanya udah putih, jadi gak perlu dicabut lagi :))
    Hehehe

    BalasHapus
  4. Setuju kakak :D kasih sayang dan pengorbanan seorang ibu ga akan ada habisnya, yah walaupun selalu dapet ocehan dan omelannya, itu pertanda kalo ibu sayang sama kita ya kak :) hehe

    BalasHapus
  5. waaaahhh awalnya gue baca lucu deh dan asik nyuci disungai :D
    waktu kecil gue jg apa2 masih tunggu diteriakin dulu, mau mandi, makan, tidur siang sekalipun harus tunggu diteriakin wkwkk
    tapi begitu masuk part perpisahan aaaaaaaaaaaaaa terharu juga apalagi gue belom pernah pisah jauh lama2, hebat ami bisa merantau jauh dari ibu demi pendidikan. kalo gue jg belom tentu sanggup mungkin bakalan kangen terus -___- semangat ami, sering2 tanya kabar ibu yaa :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo,,masih SMA ya,,,
      hahaha,,,sama. saya juga dulu gak pernah pisah jauh dari ortu lama-lama. paling seminggu klo libur selalu nginap di rumah nenek. awalnya sih emang berat,apalagi yang belum pernah pisah jauh dari ortu, tapi lama-lama pasti bisa. kamu kan cowok, jadi harus kuat dong...

      Hapus
  6. sama donk, aku juga anak desa hehehehe
    wah saudara kamu banyak juga ya mi?
    kayaknya kamu cocok deh jadi ahli penerjemah bahas, dari bhs daerah ke bhs indonesia xixixii
    ...oya, kasih sayang ibu memang tiada batasnya, apalah arti mencabut uban yang hanya memakan waktu setengah jam dibanding kasih sayang beliau kepadamu mi??
    salam buat ibumu ya, siiiiipp
    jgn kesal kalau disuruh ibumu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya kesal, tapi pas jauh itu yang bikin kangen...iya nanti di sampein salamnya.

      Hapus
  7. Iyaaa,, cerita tentang seorang IBU memang gak ada habisnya, :)

    BalasHapus
  8. ibu... ibuuu, emang gak bakal bisa diukur semua jasanya sama kita.

    dy yang ngerawat, dy yang ngajarin kita banyak hal, huhhh, I LOVE U MOM

    BalasHapus
  9. Sama kaya bang oges deh~
    Iyaa sering sering kasih dan nanya kabar ya :')
    Nanti kalo udah sukses inget sama ibunya yaa

    BalasHapus
  10. kau hebat ketika sibuk masih bisa ingat ibu di rumah keren banget deh

    BalasHapus
  11. hahhaha,,
    gokil2,, haaa,,

    iya sihh,, sy jg pernah pergi jauh,, pindah pulau gt,, rasanya beraattt sekali tinggalkan keluarga,, trutama mama,, tp skrg udah balik lg,, hehehe..

    BalasHapus
  12. salam kenal ya....
    aku follow blogmu nih...

    salam blogger energy :)

    BalasHapus
  13. Kayak.nya ini kunjungan pertama gue dehhh !!

    Karena ini kunjungan perdana gue, jadi gue komentar.nya simple aja yaaaa....SALAM KENAL AMI.

    BalasHapus
  14. wah ami itu ibu kamu ngomong pake bahasa apa ??? kok aku gak ngerti ya ?? :D

    ibu aku juga suka ngomel2 .. kadang omelannya itu bikin kangen :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dialek di daerahku...cmpuran dialek sm cra ngomongnya manado+ambon :)

      Hapus
  15. aaaaa aku juga dulu gitu disuruh nyabutin ubannya ibu *sampe sekarang juga sih* hehhee.. tapi kalo dulu aku minta upah peruban :D
    tapi kalo sekarang udh ga krn udah punya upah sendiri. hehhee...
    SEMANGAAAT Ami :) sukses selalu yaa ditanah rantau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,,,dah kerja...asiik yah klo dah bs nyari duit sndiri....
      iya...ttp semngat kok sy...makasih :)

      Hapus
  16. orang mana kak? bahasanya gitu ya hehehe ._. ngakak waktu baca bagian uban2 -_- jadi kepengen flashback... nyabutin uban tp kadang bikin ngantuk. wah nanti kalo saya kuliah di luar kota (amin) mungkin nggak jauh beda ya sama yang kakak alamain :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sulawesi tengah tepatnya daerah banggai kepulauan... :)

      Hapus
  17. ibu itu sulit diungkapkan dalam kata kata. ibu itu bisa mengerti semua perasaan anaknya. ibu itu segalanya. salam kenal yaa;D

    BalasHapus

Tinggalkan Jejak Anehmu.
Silahkan berkomentar ^_^.
ありがとう、Terima Kasih