Pages

Rabu, 14 November 2012

YANG TERBESAR DI DUNIA

Ini adalah salah satu cerita yang menarik menurut saya...
Putri dari salah seorang teman lama saya tengah menjalani tahun pertamanya di bangku SD. Gurunya bertanya, "Apakah yang paling besar di dunia?"

"Ayah saya!" kata seorang gadis kecil.

"Gajah!" kata seorang bocah.

"Gunung!" jawab yang lainnya.

Anak teman saya berkata, "Mata saya adalah hal yang paling besar di dunia".

Seluruh kelas hening sesaat, mereka mencoba memahami jawaban si gadis kecil. "Apa maksudmu? tanya sang guru, sam-sama dibuat bingung.

"Mata saya bisa melihat ayah saya dan dapt melihat gajah. Mata saya pun dapat melihat gunung serta banyak hal lainnya. Karena semua itu dapat masuk ke dalam mata saya, mata saya pastilah sesuatu yang paling besar di dunia".

Kebijaksanaan bukanlah pembelajaran tetapi melihat dengan jernih apa yang tidak diajarkan.

Denga segala hormat kepada putri teman saya itu, saya akan sedikit menambahkan kebijaksanaan yang telah diketahuinya. Bukanlah mata anda tetapi pikiran anda, pikiran andalah yang merupakan hal terbesar di dunia.
Pikiran anda dapat melihat segala sesuatu yang dilihat oleh mata dan juga dapat melampaui apa yang tak tampak melalui imajinasi. Pikiran juga dapat mengetahui adanya suara yang mana mata tidak dapat melihatnya, Pikiran dapat mengetahui apa yang berada di luar jangakuan panca indra.

Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya (108 Cerita Pembuka Hati) by AJAHN BRAHM



1 komentar:

Tinggalkan Jejak Anehmu.
Silahkan berkomentar ^_^.
ありがとう、Terima Kasih