Pages

Minggu, 18 Maret 2012

(MY STORY5) antara Jpop dan Kpop

Jpop dan Kpop,,hmhhmmh,,kata ini sudah tidak asing lagi di telinga. Jpop itu adalah istilah musik pop untuk musik pop Jepang sedangkan Kpop adalah istilah musik untukistilah musik pop Korea. Keduanya memiliki kesamaan dan perbedaan baik dalam segi musik maupun bentuk formasi dari penyanyinya. Kalau Jpop lebih banyak dalam bentuk grup band sedangkan Kpop itu lebih banyak dikenal dalam bentuk Boyband dan girlband. 

Pada awalnya saya bukanlah seorang Kpopers dan bukan juga seorang Jpopers (sebutan untuk pecinta Kpop dan Jpop). Saya sama sekali tidak tahu apa itu Kpop dan Jpop. Itu adalah hal yang sama sekali buta bagi saya.  Saya lebih dulu kenal Jpop, karena waktu SMA saya memilih jurusan Bahasa, dan bahasa yang diajarkan adalah bahasa Inggris, Arab, dan Jepang. Saat itu saya baru mulai mengenal Jepang dan mulai menyukai semua hal yang berbau Jepang. Tapi, suka Jepang belum membuat saya menjadi Jpopers. Lagu Jepang pertama yang ku tau dan ku dengar adalah lagu Lawas entah lagu dari tahun berapa, judulnya "KOKORO NO TOMO". Lulus SMA ku mutusin untuk kuliah dan ngambil jurusan sastra Jepang. ^_^

kuliah membuat saya harus pisah dengan orang tua. Nah, pindah tempat tinggal untuk sementara di kota Makassar membuat saya mulai menyukai Jpop. 짜짠,,,dan artis Jpop pertama yang bikin saya suka banget sama Jpop adalah Hey! Say! JUMP. 
selamat dan itu membuat saya jadi JUMPERS (sebutan untuk fans HSJ). Pertama kali liat, PVnya yang Ultra Music Power, ku mikir kenapa ada anak cowo 10 orang imut bener,,,>_< (jadi gemes saya). Awalnya sih dapat infonya gak sengaja baca di majalah. hoho
akhirnya penasaran HSJ itu kayak apa sih bentuknya???
saya nyari sendiri videonya dan akhirny donlot semua lagu sama PVnya,,hhohoh...favorit saya di HSJ adalah Yamada Ryosuke. paling cute, paling cakep, paling jago akting, paling bagus suaranya dan paling paling lainnya (di mata saya) hohoh..Ku sukanya HSJ karena konsep pakaiannya, lagunya, dan konsep image mereka disesuaikan dengan umurnya....Makanya, sejak debut di 2008 lagu mereka dengan tema cinta-cintaan bisa dihitung,,heheh tapi bukan berarti yang lain saya gak suka, saya suka kok sama grup atau artis Jpop lain hanya saja HSJ itu lebih spesial di hatiku...hohoh

Kendala terbesar bagi saya menjadi Jpop adalah susahnya mencari berita terbaru tentang mereka. Karena yang paling banyak itu website atau blog dari negara luar Indonesia. Paling sering ku dapat itu blog yang punya orang mexico dan berbahasa mexico tentunya dan berbahasa Inggris, dan saya tidak tau bahasa Mexico plus bahsa Inggris yang pas-pasan jadilah rada ribet...(biasanya kalau sudah kayak gini pelarian terakhir adalah make google translate). saya juga nonton dorama Jepang ^_^ . itu untuk Jpop kalau untuk Kpop...

Lagu Korea yang saya tau dan berhasil untuk menghafalnya adalah lagu dari T-MAX "PARADISE". Waktu itu lagi populer2nya drama Boys Before Flowers. Kemudian teman saya yang mengenalkan Kpop lebih banyak lagi. Dari teman sayalah, saya mulai suka sama SHINee. Sebelumnya saya sudah pernah baca berita tentang SHINee di majalah tapi belum tertarik, komentar pertama saya saat pertama kali liat SHINee " Make upnya tebel banget, kenapa coba, cowok pake make up tebal begitu. rada gimana gitu ngeliatnya" (dan akhirnya saya kemakan omongan sendiri, saya jadi suka SHINee).

kemakan omongan sendiri, saya jadi suka SHINee. Mulai rajin cari berita-beritanya, cari tau informasi mulai dari mereka debut sampai sekarang, koleksi video+foto mereka, pokoknya all about mereka. My favorite di SHINee Minho ma Taemin (unyu-unyu sih). Setelah suka ma SHINee baru aku suka ma Supe Junior.



Boyband yang beranggotakan 13 orang ini berisi orang-orang yang bertalenta tentunya, aneh bin ajaib, kocak, lucu, pokoknya komplit (walaupun Ki bum dan Hangeng gak pernah lagi tampil bersama 11 member yang lain, mereka tetaplah bagian dari Super Junior). Saya suka SUJU mulai tahun 2009. mencari tau dari mulai mereka terbentuk (2005) hingga sekarang. Butuh sebulan untuk bisa ngehafalin nama, wajah, sama suaranya mereka. my favorite member itu si Angel Leader Lee Teuk.




Jadi, kalau di suruh milih antara Jpop dan Kpop itu merupakan pilihan yang berat buat saya. Karena masing-masing punya nilai lebih, kelebihan dan kekurangan. Terkadang ada yang bertanya "Kenapa sih kamu suka banget sampe segitunya sama Jpop atau Kpop? ".  Jawabanku simple saja "karena saya suka dan karena saya tau beratnya perjuangan mereka selama bertahun-tahun menjalani latihan hingga mereka bisa sesukses sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anehmu.
Silahkan berkomentar ^_^.
ありがとう、Terima Kasih