Pages

Jumat, 04 Mei 2012

Perbedaan penggunaan kata cinta dan suka diJepang dan Indonesia


Di Indonesia kata suka (好き)、cinta [愛 atau 恋), menarik (すてき) adalah kata umum yang bisa dikatakan kepada siapa saja. Muda dan tua, laki-laki dan perempuan, keluarga dan bukan keluarga.
Tidak ada perbedaan sama sekali. Tapi kata tersebut sangat berbeda di Jepang. Jepang yang sangat menjunjung tinggi etika dalam bergaul sangat memperhatikan batas-batasnya. Tidak bisa sembarangan mengucapkan kata cinta ataupun suka. Entah itu kepada keluarga yang notabene adalah orang yang sangat dekat dengan kita dan kepada orang luar seperti teman atau pacar.

Di Indonesia kata suka, cinta, atau sayang sering diucapkan kepada keluarga, pacar, dan teman. Tetapi di Jepang, kata cinta (愛) adalah kata yang sangat sakral (ini hanya pengandaian saya saja). Kata cinta bagi orang Jepang hanya diucapkan kepada pasangan mereka dengan kata lain diucapkan suami kepada istri, yang sudah bertunangan, atau mereka yang sedang pacaran (orang dewasa) (dalam kategori keduanya sudah mapan atau memiliki pekerjaan). Bagi orang Jepang kata cinta (愛) "ai" atau 愛してる "ai shiteru" itu memiliki perasaan yang sangat mendalam dan ketika diucapkan berarti mereka sudah sangat serius dalam menjalin hubungan. Kata "ai shiteru" hanya diucapkan dari mereka yang sudah sangat serius dengan suatu hubungan. Sangat jarang remaja Jepang mengucapkan "ai shiteru" kepada pacarnya.

Sebaliknya kata suka (好き)"suki", cinta (恋)"koi", atau (すてき)"suteki" sering diucapkan anak muda Jepang untuk mngungkapkan kepada orang yang dia sukai. Anak muda Jepang hampir tidak pernah mengucapkan kata "ai shiteru" kepada pasangannya, mereka menggunakan kata "suki" atau "suteki" kepada orang yang dia sukai. dalam bahasa Jepang untuk orang yang sedang jatuh cinta adalah " 恋を落ちって " "koi o ochitte" yang artinya "jatuh cinta". Dalam keluarga mengucapkan kata "suteki" sangat tidak dibenarkan, lebih baik menggunakan kata "ai" atau "koi". 

#yah, ini berdasarkan apa yang saya dapat dalam perkuliahan, hasil tanya-tanya dengan orang Jepang, dan nonton dorama.

semoga bisa membantu rasa ingin tahu pembaca ^_^

1 komentar:

Tinggalkan Jejak Anehmu.
Silahkan berkomentar ^_^.
ありがとう、Terima Kasih